Pemerintah Kota Mataram akan Bantu UMKM Bertahan Hadapi Dampak Pandemi


1
1 point

Sebagai salah satu upaya mempercepat proses recovery (pemulihan) ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Mataram akan menggulirkan bantuan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bantuan tersebut berupa stimulus modal yang dihajatkan sebagai bagian bagi dukungan pemulihan ekonomi secara nasional.   

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Mataram H.Mahmuddin Tura saat ini Dinas Koperasi, Perindustrian dan UKM tengah melakukan pendataan terhadap UMKM yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan dimaksud sesuai ketentuan yang ada. Salah satu persyaratan dimaksud adalah pelaku UMKM memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tidak memiliki pinjaman di perbankan. 

“Rencananya masing-masing pemilik UMKM akan mendapatkan modal bantuan stimulus sebesar Rp2,4 juta, yang ditargetkan didistribusikan sebelum 17 Agustus 2020,” katanya.

Selain bantuan stimulus berupa modal Pemkot Mataram juga akan memberikan bantuan dalam bentuk peralatan. “Jika pemerintah pusat memberikan bantuan modal, kita dengan menggunakan APBD akan memberikan bantuan dalam bentuk peralatan yang akan diberikan setelah pendistribusian jaring pengaman sosial (JPS) tahap 3 rampung,” Lanjut Mahmuddin . Jenis peralatan yang akan diberikan kepada UMKM antara lain  adalah alat pres / pengering (spinner) untuk abon agar lebih awet, alat pemindangan ikan, oven untuk pembuatan kue kering, dan peralatan lainnya sesuai kebutuhan UMKM penerima bantuan. 

Mahmuddin menambahkan, untuk memastikan jenis dan nilai bantuan, saat ini pihaknya juga telah melakukan verifikasi data terhadap calon sasaran UMKM yang akan mendapatkan bantuan. “Harapan kita, datanya bisa segera rampung agar pendistribusian bantuan bisa dilakukan tepat waktu,” pungkas Mahmuddin.

Dihubungi terpisah Irma Firmana, salah satu pelaku UMKM yang memproduksi berbagai kue kering dan basah dengan merek Ankrella mengaku senang dengan apa yang akan dilakukan oleh Pemkot Mataram. Di tengah kondisi yang cukup berat dewasa ini bantuan tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM untuk bisa mempertahankan bisnisnya. Irma berharap pemilihan dan penentuan pelaku UMKM yang akan menerima bantuan tersebut dilakukan secara obyektif dan transparan.


Like it? Share with your friends!

1
1 point
Bambang Parmadi
Praktisi Usaha Kecil, Penggiat Pengembangan Kewirausahaan, Owner Cake Pisang Paling Juara, Penggemar Acara Makan-Makan dan Jalan-Jalan.