Langkah Cepat Dekopinwil NTB Mendapat Apresiasi


Setelah dilaksanakannya Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Nusa Tenggara Barat akhir Bulan Oktober yang lalu, kepengurusan Dekopinwil NTB periode 2020 – 2025 telah dikukuhkan dan dilantik secara daring oleh Ketua Umum Dekopin pada Hari Sabtu (19/12) yang baru lalu. Selain jajaran pengurus yang dinakhodai oleh Bambang Parmadi sebagai ketua, juga dilengkapi dengan Dewan Penasehat yang diketuai oleh TGH Achmad Muchlis dan Majelis Pakar yang dipimpin oleh DR. Muaidy Yasin, MS yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Suasana Pelantikan Pengurus Dekopinwil NTB Periode 2020 – 2025

Dalam rangkaian acara pelantikan tersebut juga ditandatangani nota kesepahaman antara Dekopinwil NTB dengan CV Tri Utami Jaya, salah satu UKM yang mengolah berbagai produk berbahan baku kelor. Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Ketua Dekopinwil NTB, Bambang Parmadi dan Direktur CV Tri Utami Jaya, Nasrin H. Muhtar tersebut disebutkan bahwa Dekopinwil NTB akan mengkoordinir Koperasi – koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di NTB sebagai pemasok bahan baku kelor bagi kebutuhan produksi CV Tri Utami Jaya. Kerjasama dengan pelaku usaha yang merupakan implementasi dari salah satu fungsi utama Dekopin yaitu fasilitasi inilah yang dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB H.L.Wirajaya Utama sebagai langkah cepat yang pantas mendapatkan apresiasi.

Dalam bagian lain sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM yang sekaligus hadir mewakili Gubernur berharap Dekopinwil NTB dapat benar – benar menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pengembangan koperasi. Terlebih dengan jumlah koperasi di NTB yang tidak sedikit, memerlukan perhatian sungguh – sungguh yang harus dilakukan secara bersama – sama pemerintah dan Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi.

Sementara itu Ketua Umum Dekopin DR. Sri Untari Bisowarno, M.Ap yang berada di Jakarta, dalam sambutannya setelah melantik Pengurus Dekopinwil NTB secara daring menekankan perlunya seluruh jajaran Dekopin memperhatikan tiga fungsi utama dari Dekopin sebagai organisasi tunggal gerakan koperasi yaitu fungsi edukasi, advokasi dan fasilitasi. Untuk bisa melaksankan ketiga fungsi tersebut dengan baik maka penguatan kelembagaan Dekopin mutlak dilakukan. Salah satunya adalah dengan menghidupkan badan khusus dan lembaga pelaksana kegiatan seperti Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop), Jaringan Usaha Koperasi (JUK), Badan Komunikasi Wanita Koperasi (BKWK), Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK), dan juga Badan Pelayanan dan Konsultasi Hukum (BPKH). Dengan kuatnya kelembagaan Dekopin pada semua tingkatan dan terlaksananya fungsi – fungsi utama Dekopin di atas maka tidak ada alasan lagi Dekopin akan menjadi organisasi yang asing bagi masyarakat, terlebih bagi warga gerakan koperasi sendiri.


Like it? Share with your friends!

Ahmad Efendi

Writer and Lecturer. Pendiri Komunitas Balai Tulis Literasi guna meningkatkan dan memajukan dunia literasi Indonesia khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat.