H. Ahmad Rusni Sukses Berbisnis Property dengan System Syariah


H. Ahmad Rusni,  tokoh  yang  dikenal masyarakat luas sebagai pengusaha property. Ribuan rumah sudah tebangun di bawah bendera perusahaannya. Rumah-rumah itu tersebar di seluruh NTB sampai luar NTB seperti Bali.

Di samping terkenal sebagai pengusaha Property ada juga usaha lain yang tidak kalah menterengnya yaitu usaha seperti perkebunan dan ritel yang benderanya bermerek Arus Mart tersebar di banyak titik di Pulau Lombok saat ini. Semua usaha-usaha Pak H. Ahmad Rusni memberikan kontribusi yang banyak kepada masyarakat  dan pemerintah. Menyerap tenaga kerja yang banyak dan memberikan pemasukan kepada daerah berupa pajak.

Dikenal sebagai pengusaha sukses Pak H. Rusni sebenarnya mempunyai sisi –sisi yang mungkin banyak orang tidak mengetahuinya secara luas. Misalnya pribadi atau personalnya yang terkesan non-elitis. Ia sebenarnya refresentasi dari orang biasa yang tidak biasa. Bisa jadi ini karena memang Pak H. Rusni muncul dari kalangan orang biasa dalam makna bahwa ia bukan sosok yang dalam sejarahnya pernah mendapatkan gelar kebangsawanan.

Merujuk apa yang pernah disampaikan oleh salah seorang tokoh budaya Lombok dalam hal ini Pak Haji Lalu Anggawa Nuraksi pada suatu kesempatan ketika berbincang dengan penulis, bahwa Lombok mengenal adanya istilah kebangsawanan terbuka. Kebangsawanan terbuka dapat didefinisikan sebagai adanya dinamika social yang dapat membuat seseorang di dalam masyarakat dapat menaiki atau pun menuruni tangga social. Ini tergantung dari apa yang menjadi pangkal penilaian. 

Misalnya penilaian yang didasarkan pada keluasan ilmu pengetahuan (akademisi, peneliti, pembelajar), keluasan ilmu pengetahuan agama (Ulama, Tuan Guru, Ustaz), atau pun didasarkan pada ketokohannya dibidang kebudayaan, adat-istiadat. Patokan-patokan di atas dapat dijadikan tolak ukur dalam menilai seseorang untuk naik menduduki tangga social menengah-atas. Dengan memakai tolak ukur di atas maka kebangsawanan seseorang dapat diberikan secara otomatis.

Dalam hal itu Pak H. Ahmad Rusni muncul sebagai pengusaha sukses, namun dalam amatan besiru, ia sebenarnya bukan hanya seorang yang ulung dalam hal berusaha (berbisnis) tetapi juga mempunyai ilmu pengetahuan agama yang cukup luas. Ditambah kegigihannya dalam merealisasikan kerja-kerja bisnisnya yang selalu membekali semua (karyawannya) dengan ketaatan pada ketentuan-ketentuan agama. Ia sepertinya seorang yang tidak hanya berteori akan kesholehan  tetapi juga mempraktikan kesholehan itu ditingkat lapangan.

Semua transaksi bisnisnya ia praktikkan dengan system syariah. Jual beli rumah misalnya, tidak melibatkan Bank, tetapi pembeli dan penjual langsung melakukan akad. Misalnya harga rumah sebesar 203 juta dibagi 15 tahun. Hasil pembaginya itulah yang akan dikredit oleh pembeli rumah tersebut.

Uniknya juga jual beli rumah di perusahaan Pak H. Ahmad Rusni bisa dengan hanya berbekal KTP saja. Artinya meskipun tidak ada DP si pembeli bisa mendapatkan rumah yang diinginkan.  System ini diterapkan sebagai cara untuk memudahkan masyarakat. Dengan begitu Pak H. Rusni berharap adanya keberkahan usahanya, karena dalam tuntunan agama jika memudahkan urusan orang Allah juga akan memudahkan orang tersebut.


Like it? Share with your friends!

Ahmad Efendi

Writer and Lecturer. Pendiri Komunitas Balai Tulis Literasi guna meningkatkan dan memajukan dunia literasi Indonesia khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat.